Pengertian Kegunaan dan Dosis Obat Asam Traneksamat

Asam traneksamat merupakan golongan obat anti fibrinolitik. Obat ini bisa digunakan untuk menghentikan pendarahan terhadap sejumlah kondisi, misal mimisan, pendarahan pasca operasi, menstruasi berlebihan, dan pendarahan terhadap penderita angio edema turunan.

Pengertian Kegunaan dan Dosis Obat Asam Traneksamat


Cara kerja asam traneksamat ialah dengan menghambat pecahan gumpalan darah sehingga pendarahan tidak terjadi lagi. Catatan obat tersebut tidak boleh digunakan secara bebas (harus melalui resep dokter).


ASAM TRANEKSAMAT

Jenis obat : Obat anti fibrinolitik.
Golongan : Obat resep.
Manfaat : Menghentikan pendarahan seperti pada saat menstuasi yang berlebihan, mimisan, pasca operasi, dan pendarahan pada penderita angio-edema turunan.
Dikonsumsi : Dewasa pada usia (18 tahun atau lebih).
Bentuk obat : Tablet dan suntik.
Dosis asam traneksamat untuk orang dewasa (pendarahan jangka pendek)

Tablet oral : Minum 1-1,5 atau 15 – 25 mg/kg 2 – 3 kali sehari.
Suntikan : 0.5 – 1 gr atau 10 mg/kg 3 kali sehari atau 25 – 50 mg/kg perharinya dalan cairan infus kontinyu.
Untuk Penanganan Angioedema Turunan:

Tablet : 1 – 1.5 gr 2 – 3 kali sehari.
Dosis asam traneksamat untuk anak-anak (pendarahan jangka panjang)

Tablet oral : Diminum 25 mg/kg 2 – 3 kali sehari.
Suntikan : 10 mg/kg 2 – 3 kali sehari.
Untuk penanganan angioedema turunan:

Tablet oral : 25 mg/kg 2 – 3 kali sehari.
Dosis yang direkomendasikan untuk pengobatan awal adalah 1000 mg yang dikonsumsi sebanyak 3 dosis/hari, selama jangka waktu maksimal 4 hari. Sedangkan untuk kasus menstruasi parah, dosis bisa dinaikkan namun ada batas maksimum yaitu 4000 mg/hari.

Peringatan:

Harap berhati-hati bagi Anda yang menderita gangguan ginjal dan gangguan pada pembuluh darah. Bagi wanita hamil atau menyusui, sesuaikan dosis dengan anjuran dokter. Harap wasapada dan hentikan pengobatan apabila Anda mengalami gangguan penglihatan.

Harap hati-hati jika pernah mengalami kejang dan terdiagnosis menderita gangguan pembekuan darah yang dinamakan disseminated intrvascular coagulation (DIC). Jika terjadi reaksi alegi ataupun overdosis segalah temui dokter.

Cara Menggunakan Asam Traneksamat yang Benar

asam traneksamat

Ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan asam traneksamat sebelum anda menggunakannya.
Telan tablet asam traneksamat dengan bantuan air, pisang (pilih metode yang menurut anda mudah) dan ingat jangan dihancurkan atau dikunyah terlebih dahulu. Obat ini bisa dikonsumsi sebelum dan setelah makan.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup, antara satu dosis dengan dosis yang akan diminum selanjutnya. Usahakan mengonsumsi asam traneksamat secara teratur setiap hari guna memaksimalkan sefeknya.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi asam traneksamat, disarankan agar segera meminumnya begitu sudah teringat, minum apabila dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Selain itu jangan melipatkan dosis asam traneksamat pada jadwal berikutnya dengan tujuan mengganti dosis yang terlewatkan.
Biasanya dokter akan menyarankan untuk rutin memeriksa darah dan kondisi organ hati apabila menggunakan asam traneksamat dalam jangka panjang. Selama Anda menjalani pengobatan dengan asam traneksamat, usahakan tetap rutin untuk menemui dokter, agar perkembangan kondisi Anda bisa diketahui.
Apabilan Anda sedang menjalani prosedur operasi atau perawatan gigi, kasih tahu dokter atau perawat bahwa Anda sedang mengonsumsi asam traneksamat.
Efek Samping Asam Traneksamat

asam traneksamat

Obat ini sama saja dengan obat-obat pada umumnya, asam traneksamat juga berpotensi menyebabkan efek samping. Beberapa efek samping yang biasa dialami oleh para pengonsumsi obat ini adalah:

Diare.
Mual.
Badan terasa lelah.
Berhenti mengonsumsi obat ini apabila Anda mengalami efek samping yang cukup serius seperti:

Kejang.
Urine berdarah.
Terasa ingin pinsan.
Sulit bahkan sakit saat buang air kecil.
Masalah dalam penglihatan (termasuk warna).
Kaki terasa nyeri, bengkak, hangat, kemerahan.
Melemah tiba-tiba, khususnya di salah satu bagian tubuh.
Dada sakit, nafas cepat, bersin-bersin, batuk tiba-tiba bahkan sampai berdarah.
Datang tiba-tiba sakit kepala, bingung, bermasalah dengan bicara, penglihatan, keseimbangan.
Efek samping di atas hanya beberapa saja, mungkin ada beberapa efek samping lain yang tidak disebutkan di atas. Apabila Anda terlalu khawatir, segera konsultasi ke dokter atau apoteker dsb.

Deskripsi Asam Traneksamat

asam traneksamat

Nama lain dari asam traneksamat lysteda yang digunakan untuk mengobati menstruasi pendarahan berat pada wanita. Obat ini dapat digunakan oleh perempuan remaja, tidak dimaksudkan sebelum memulai menstruasi.

Asam traneksamat merupakan agen antifibrinolytic yang bekerja dengan menghalangi pemecahan bekuan darah. Obat ini hanya tersedia dengan resep dokter, produknya tersedia dalam bentuk tablet dan sirup.

Saat memutuskan untuk menggunakan obat ini, risiko harus dipertimbangkan terhadap kebaikan yang akan dilakukan. Ini adalah keputusan Anda dan dokter Anda akan membuat. Untuk obat ini, berikut harus dipertimbangkan:

Dalam memutuskan untuk menggunakan obat, risiko mengambil obat harus dipertimbangkan terhadap kebaikan itu akan dilakukan. Ini adalah keputusan Anda dan dokter Anda akan membuat. Untuk obat ini, berikut harus dipertimbangkan:

Alergi

Kasih tahu dokter apabila Anda pernah mempunyai reaksi yang tidak biasa atau alergi terhadap obat-obatan. Beritahu juga dokter jika Anda memiliki jenis lain dari alergi, seperti untuk makanan, pengawet, pewarna, atau hewan. Untuk produk non-resep, bacalah label atau paket bahan dengan hati-hati.

Geriatrik

Obat ini tidak dimaksudkan untuk digunakan pada wanita yang tidak lagi memiliki menstruasi perdarahan (postmenopause).

Pediatrik

Penelitian yang tepat belum dilakukan pada hubungan usia terhadap efek samping penggunaan asam traneksamat pada anak-anak atau perempuan yang umurnya kurang dari 12 tahun. Keamanan dan kemanjuran belum ditetapkan.

Kehamilan (semua trimester)

Studi pada hewan telah menunjukkan tidak ada bukti yang membahayakan janin, akan tetapi tidak ada penelitian yang memadai pada wanita hamil atau studi pada hewan telah menunjukkan efek buruk, tetapi studi yang memadai pada wanita hamil telah gagal untuk menunjukkan resiko pada janin.

Menyusui

Belum ada penelitian yang memadai terhadap wanita yang sedang menyusui. Mempertimbangkan terlebih dahulu potensi atau resiko sebelum menggunakannya saat menyusui.